Selasa, 10 Januari 2017

Berapa usia terbaik seorang anak belajar alat perkusi?

Dijaman yang semakin gila akan sosial media ini banyak orangtua berloma-lomba mendorong anaknya untuk tampil diberbagai platform. Ada yang menampilkan kelucuan, keluguan dan sebagian lain memperlihatkan bakat musiknya. Tentu, yang terakhir ini akan sangat membanggakan jika terjadi pada kita bukan?

Hanya bermodal beli drum, gitar atau piano saja sikecil sudah bisa sepopuler anak-anak yang sudah lebih dulu terkenal melalui televisi. Apalagi jika instrumen yang dipilih adalah drum, pasti decak kagum lebih banyak berdatangan. Pasti setiap orangtua menginginkan hal ini bukan?
Tapi anda juga perlu memahami bahwa setiap anak punya preferensi alat musik yang berbeda-beda, sehingga apa yang anda bayangkan seringkali tidak sesuai dengan kenyataan. Misalnya, si anak suka melihat pertunjukkan gitar belum tentu ia ingin menjadi gitaris karena bisa jadi ia hanya suka menontonnya saja.

Kemudian faktor lain yang mesti diperhatikan adalah usia terbaik untuk mulai belajar drum. Sebagai orangtua anda mesti tahu bahwa ada batas minimun anak belajar drum, meskipun ini tidak diamini oleh semua ahli musik. Saya merekomendasikan untuk mengenalkan anak-anak pada drum saat usia mereka menginjak tujuh tahun.

Selain usia juga ada faktor lain yang memengaruhu siap atau tidaknya anak mulai berlatih drum, yakni perkembangan fisik mereka. Apakah tangannya sudah cukup kuat menggunakan stik drum? Apakah kakinya sudah bisa menekan pedal drum? Ketidaksiapan fisik dapat menimbulkan cedera berbahaya terutama di pergelangan tangan dan kaki.

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah kemampuan akademik. Sebelum memutuskan mengajaknya belajar drum anda terlebih dulu harus memastikan ia bisa membaca sehingga iapun nantinya dapat membaca lembaran musik. Selain itu teknik menghitung juga penting dikuasai terlebih dulu agar ia mudah menyerap materi mengenai ritme.

Tentu ini tidak bisa dijadikan standar baku, karena setiap anak daya tangkapnya berbeda-beda. Ada anak yang masih berusia 6 tahun sudah mampu berhitung, namun ada pula yang harus menunggu hingga usia 8 tahun hanya untuk bisa membaca. Pastikan saja sikecil memenuhi seluruh faktor yang disebutkan tadi.

http://id.yamaha.com/id/news_events/products/av_gratis_dvd13/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar